Minggu, 30 Oktober 2011

Mengenal Potensi Dan Keindahan Obyek Wisata Sumbawa



Sumbawa adalah Kabupaten yang letaknya berada di ujung barat Pulau Sumbawa,  Provinsi Nusa Tenggara Barat  pada posisi 116" 42' sampai dengan 118" 22' Bujur Timur dan 8" 8' sampai dengan 9" 7' Lintang Selatan dan luas wilayahnya 6.643,98 Km².

Sesungguhnya Sumbawa memikili keindahan panorama alam yang sangat eksotis dan sangat berpotensi untuk dijadikan obyek pariwisata. Akan tetapi kurangnya perawatan, pemanfaatan, eksplorasi, pelestarian, dan promosi menyebabkan obyek-obyek wisata yang ada di Sumbawa terlantar begitu saja dan tak mampu menarik pengunjung dan turis-turis. Obyek wisata Pulau Moyo adalah salah satu contohnya. Pemandangan alam yang begitu indah serta pantai dan bahari laut dan terumbu karang yang sangat mempesona menghiasi pulau Moyo. Pulau ini memiliki eksotika alam yang original sebagai bentuk karya cipta Allah SWT. Yang sangat luar biasa. 

Dan tahukah anda bahwa beberapa tokoh Dunia seperti mendiang Putri Diana dari Inggris, Pangeran Henry dari Belanda serta Mick Jagger vokalis Rolling Stone pernah berlibur ke Pulau ini, karena di pulau ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari dunia dunia luar, serta sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu.(cuit.. cuit!)

Kencana Beach
Berikutnya adalah pantai Kencana, pantai yang menawarkan kenyamanan bagi para turis untuk melepas lelah sejenak setelah lelah berkeliling-keliling Sumbawa. Selain terdapat penginapan di dekat pantai, Kencana juga menawarkan bahari laut yang cukup indah. Jadi, yang hobinya snorkling bisa menuangkan hobinya di Kencana.

Air terjun Ai Beling
Air terjun Ai Beling adalah air terjun yang keren! Air terjun ini terletak sekitar 20 km dari kota Sumbawa tepatnya di desa Sempe, Moyo Hulu. Ai Beling jika di artikan dalam bahasa Indonesia adalah Air yang Berbunyi. penasaran bunyinya seperti apa? Silahkan mengunjungi Ai Beling. hehe

Istana Dalam Loka
Dan terakhir, obyek wisata yang paling keren adalah Istana Dalam Loka. Istana milik kerajaan Sumbawa pada masa lampau ini masih berdiri sampai saat ini. Istana ini merupakan salah satu peninggalan atau warisan paling berharga bagi rakyat Sumbawa dan menjadi pusat dari keseluruhan obyek wisata yang ada di Sumbawa. Dibangun dengan 99 tiang sesuai dengan sifat-sifat Allah “Asma Ul-Husna”. Semoga istana ini terus terawat dengan baik dan dapat berdiri kokoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar