Minggu, 30 Oktober 2011

Objek Wisata Pulau Moyo Andalan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat



moyoisland
objek wisata Pulau Moyo/ist.file
Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki banyak objek wisata menarik terutama pantai yang indah dan berpasir putih, namun baru sebagian kecil yang sudah dikembangkan.
Bupati Sumbawa Jamaluddin Malik di Sumbawa Besar, Kamis, mengatakan karena itu pihaknya mengundang investor untuk menanamkan modalnya, terutama dalam pembangunan fasilitas akomodasi di objek wisata tersebut.
Menurut dia, objek wisata itu antara lain pantai Tanjung Menangis yang berpasir putih dan air laut yang jernih yang berlokasi di sebelah utara Sumbawa Besar (ibukota Kabupaten Subawa) dan Pulau Moyo yang terletak di sebelah utara Sumbawa Besar dengan luas sekitar 300 hektare.
Khusus untuk Pulau Moyo, katanya, itu merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di dunia, karena pernah dikunjungi Lady Diana, mantan istri Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris, dan putera mahkota kerajaan belanda. “Di kawasan hutan yang ada di pulau ini berdiri hotel Amanwana,” katanya.
Sejak beberapa tahun ini objek wisata Pulau Moyo telah memberikan kontribusi cukup besar bagi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Sumbawa.
Selain itu, kata Jamaluddin, salah satu kawasan wisata yang cukup potensial dikembangkan adalah objek wisata pantai Maci dan sekitarnya, karena memiliki pasir putih dan pemandangan yang indah.
Di perairan pantai Maci di Kecamatan Tarano yang berjarak sekitar 140 kilometer dari Sumbawa Besar atau 50 kilometer dari kota Kecamatan Empang tersebut terdapat ombak super barel yang merupakan salah satu dari tiga jenis gelombang di dunia yang cocok untuk olah raga selancar atau “surfing”.
Menurut dia, gelombang tinggi di pantai Maci ini bisa digunakan sebagai tempat olah raga “surfing” selama tujuh bulan atau pada Mei-November dan puncak super barel terjadi pada Agustus.
“Di sepanjang perjalanan menuju objek wisata Maci dan Sili yang ada di Kecamatan Tarano, Sumbawa kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan berbagai jenis burung dan satwa liar lainnya dan di tempat wisata ini juga hidup berbagai jenis satwa laut, antara lain penyu hijau,” katanya.(*an/z).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar